Logistik adalah salah satu rangkaian upaya meliputi efektivitas perencanaan, implementasi, hingga pengawasan atas suatu proses perpindahan produk barang atau jasa, energi, atau sumber daya lain, dari mulai titik pengiriman hingga ke titik pegguna.

Seluruh aktivitas logistik dilakukan untuk mencapai tujuan utama, yaitu memastikan ketersediaan barang dan pengiriman tepat waktu ke lokasi yang dituju. Sedangkan rangkaian kegiatan logistik yang harus dilakukan oleh sebuah perusahaan antara lain pengadaan barang, kegiatan produksi, dan distribusi.

Pada aktivitas logistik mempunyai standar performa tertentu yang harus diraih. Adapun tingkatan kinerja yang harus diraih dalam kegiatan logistik adalah lahirnya keseimbangan antara kualitas pelayanan yang diinginkan oleh pelanggan dengan seluruh biaya yang dikeluarkan demi menyentuh tujuan akhir perusahaan.

5 komponen utama dalam logistik yang harus ada dalam logistik yaitu :

  1. Lokasi fasilitas logistik : komponen yang harus dan wajib dimiliki oleh suatu perusahaan. Tujuannya tidak lain adalah untuk merencanakan dari mana dan kemana material serta produk barang akan diangkut.
  2. Transportasi : Biasanya, suatu perusahaan memiliki tiga alternatif untuk mendukung berbagai kemampuan alat transportasi baik yang dimiliki sendiri atau dengan menyewa dari vendor lain, atau dengan melakukan kontrak tertentu dengan pihak ketiga agar bisa mendapatkan kontrak kerja pengangkutan.
  3. Managemen Pengadaan Persediaan : merupakan bagian dari struktur perusahaan yang berperan dalam mengatur tingkat persediaan barang. Pihak perusahaan harus mampu mengelola dan mengatur cara dalam mendapatkan persediaan, proses penyimpanan, hingga persediaan tersebut nantinya bisa dikeluarkan atau dimanfaatkan.
  4. Komunikasi : adalah aktivitas saling berbagi informasi pada seluruh kegiatan logistik. Komunikasi yang buruk dalam sistem logistik bisa menimbulkan masalah yang serius.
  5. Penyimpanan : mencakup seluruh aspek operasional logistik, seperti pengepakan, pergerakan, dan pengemasan. Seluruh aspek tersebut berkaitan dengan arus persediaan yang berguna untuk memenuhi kebutuhan atas suatu produk atau material tertentu.

Logistik memainkan peran penting dalam perdagangan komoditas, sebab berhubungan erat dengan penyimpanan dan pengiriman fisik komoditas.  Tim logistik yang bisa bekerja secara efektif dapat meningkatkan kualitas pemasaran dengan memberikan proses perpindahan yang lebih efisien pada suatu produk dari penjual kepada pelanggannya.

Logistik memiliki peranan yang penting dalam memuaskan pelanggan, untuk itu tim logistik memiliki peran yang penting dalam upaya pemasaran. Selain itu, logistik juga memiliki kunci yang penting untuk mencapai profit atau keuntungan untuk perusahaan.

Pihak perusahaan harus terus berusaha untuk meningkatkan kualitas produknya, sehingga bisa mendapatkan konsumen yang sangat setia pada produknya. Nah, sistem logistik yang bagus ini akan mampu memberikan nilai tambah kepada konsumen dalam hal utilitas tempat dan waktu.

Dalam hal ini, arti dari utilitas adalah suatu nilai yang ditambahkan atau dibentuk pada produk dengan membuat produk tersebut agar selalu tersedia untuk pembeli atau pelanggan. Sedangkan utilitas waktu adalah suatu nilai yang diperoleh dengan membuat suatu produk yang bisa diterima dalam waktu yang tepat.

Sistem logistik yang baik terbukti mampu menciptakan proses suplai produk yang tepat, di tempat yang tepat, pada waktu yang tepat, serta dalam kondisi yang tepat dan biaya yang lebih bersahabat agar pelanggan bisa mendapatkan manfaat dari produk tersebut.

Sistem logistik yang efisien dan juga ekonomis merupakan aset yang wajib dipelihara dan dijaga oleh pihak perusahaan. Bila perusahaan mampu menyediakan produk ke pelanggan secara cepat dan biaya yang rendah, maka perusahaan akan mampu meningkatkan pangsa pasar yang lebih banyak daripada kompetitor yang tidak mempunyai sistem logistik yang buruk.

Selain itu, perusahaan juga bisa menjual produk dengan biaya yang lebih murah karena efisiensi logistik, atau mampu memberikan kepuasan layanan leng lebih baik kepada konsumen, sehingga bisa menciptakan efek yang baik pula.

Syarat Sistem Logistik yang Baik

Layanan Pengguna

Penting bagi penyedia jasa logistik untuk memberikan update informasi dengan sigap, sebab logistik sangat mengandalkan waktu dan kecepatan. Hal ini hanya bisa dicapai dengan komunikasi yang baik dan proaktif.

Detail

Proses perdagangan antar negara sangat kompleks. Penyedia jasa logistik harus memerhatikan detail dokumentasi dan berkomunikasi dengan pihak-pihak terkait, agar pengguna tidak dikenakan penalti, keterlambatan, dan kerugian lain.

Legalitas

Penyedia jasa logistik harus memiliki izin resmi dan beroperasi sesuai dengan hukum yang berlaku. Hal ini akan mengurangi kekhawatiran pengguna.

Salah satu tantangan utama dalam logistik perdagangan komoditas ialah pencatatan. Ketika suatu pihak membeli dalam jumlah banyak dan lokasi antar negara, sulit untuk memantau pengiriman barang tersebut.

Kesulitan untuk tracking atau memantau pengiriman ini memunculkan kerugian bagi berbagai pihak, termasuk pembeli, jasa pengiriman, dan penjual. Maka dari itu, sistem logistik yang terorganisasi sangat berperan dalam meminimalisasi kerugian saat pengiriman barang.